Semprot Lumpur Pasca Genangan, Gulkarmat Jaktim Kerahkan Dua Mobil Pompa

By Al


nusakini.com - Jakarta - Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, mengerahkan dua unit mobil pompa untuk penanganan lumpur pasca banjir

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, dua unit mobil pompa kapasitas 2.500 liter dan satu unit floating pump diterjunkan ke wilayah Jl Nurul Iman RW 04 Cipinang Melayu, Makasar dan l Pelita RT 05/12 Lubang Buaya, Cipayung.

"Kita kerahkan dua unit mobil pompa kapasitas 2.500 liter dengan 10 personel untuk membantu warga terdampak banjir kemarin," kata Gatot.

Selain melakukan penyemprotan lumpur di dua lokasi berbeda, lanjut Gatot, pihaknya juga melakukan penyedotan genangan di pemukiman warga RT 15/07 Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit. Genangan air setinggi 30 sentimeter di wilwyah ini disedot menggunakan satu unit mobil pompa berkapasitas 2.500 liter dan satu unit pompa apung. Penanganan genangan di Pondok Bambu ini dilakukan oleh empat personel.

Lurah Pondok Bambu, Asianti Yasmuarsih menambahkan, genangan terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Walau lokasinya tak jauh dari Embung H. Dogol namun karena lokasinya berada di daerah cekungan maka surutnya lama. Karenanya pihaknya meminta bantuan Sudin Gulkarmat untuk memompa agar genangan tersebut cepat surut.

"Kita sudah berupaya melakukan penanganan agar genangan cepat surut. Bahkan kita libatkan Sudin Gulkarmat agar membantu penyedotan genangan ke Waduk H. Dogol," kata Asianti.

Menurutnya, pihaknya akan megerahkan PPSU untuk melakukan manuver dengan cara membuat galian atau lubang agar genangan cepat surut. Hal ini dilakukan sesuai dengan saran dari Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Duren Sawit.